Dengan ini kami sampaikan pada Bapak/Ibu Pemakalah dan Peserta pada Seminar Nasional dan Agro-Expo 2014 Fakultas Pertanian UISU di Hotel Santika dyandra Medan tanggal 12-13 November 2014, kami mohon maaf atas keterlambatan penerbitan prosiding dikarenakan permasalahan pengiriman file/naskah dari pemakalah utama dan pengeditan prosiding yang sedang berjalan.*********** Makalah yang akan dimuat dalam prosiding adalah yang telah dipresentasikan secara oral maupun poster pada acara seminar tersebut.

Milad Fakultas Pertanian

PENDAHULUAN

Bangsa Indonesia sebagai negara agraris memiliki potensi alam yang begitu melimpah untuk dikelola sebagai sumber pangan. Namun, fakta laju pertumbuhan penduduk yang tinggi menjadi salah satu tantangan utama dalam permasalahan pangan di Indonesia. Permintaan akan kebutuhan pangan semakin meningkat. Sementara itu, pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim berakibat kepada ketidakpastian produksi. Kelangkaan dan kompetisi pemanfaatan sumber daya (lahan dan air) terus berlanjut mengakibatkan pencapaian target produksi pangan semakin sulit.

 Menyikapi keadaan tersebut, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah peningkatan produksi pangan, pengendalian harga dan pasokan serta peningkatan mutu. Hal ini sejalan pula dengan sasaran strategi pembangunan pertanian yaitu ketahanan pangan dengan penyediaan bahan pokok, meningkatnya ekspor produk pertanian dan meningkatnya ketersediaan bahan baku bioindustri dan bioenergi serta meningkatnya kesejahteraan petani.

Secara keseluruhan solusi yang dijalankan mesti mengakar kepada paradigma pertanian berkelanjutan. Pertanian berkelanjutan memiliki keunggulan tatalaksana pertanian yang berkearifan lingkungan dan mengedepankan keragaman lokal tanpa mengesampingkan aspek ekonomi, sosial dan budayanya. Pertanian berkelanjutan dan terpadu melalui pendekatan ekologi merupakan solusi untuk menghindari kerawanan pangan. Pertanian yang dikembangkan harus mengedepankan faktor ekologi (ramah lingkungan), menguntungkan secara ekonomi serta memberikan dampak sosial yang positif sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan nasional yang mandiri dan berdaulat.

Menyikapi kondisi tersebut, sebagai wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara Medan dalam rangka Milad ke-50, akan mengadakan seminar nasional, pameran dan workshop. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah saling tukar informasi antara sesama peneliti dari berbagai lembaga penelitian maupun perguruan tinggi, antara peneliti dengan pengguna maupun para pengambil kebijakan berkaitan dengan pengelolaan sistem pertanian berkelanjutan untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

TUJUAN

Menciptakan suatu forum/sarana  untuk menjalin komunikasi dan menyebarluaskan informasi berupa hasil pemikiran dan penelitian antar akademisi, peneliti, praktisi dan pemegang kebijakan dalam rangka peningkatan ketahan pangan sehingga sektor pangan dan pertanian semakin tangguh dan dibangun dengan landasan yang berkesinambungan.