Dengan ini kami sampaikan pada Bapak/Ibu Pemakalah dan Peserta pada Seminar Nasional dan Agro-Expo 2014 Fakultas Pertanian UISU di Hotel Santika dyandra Medan tanggal 12-13 November 2014, kami mohon maaf atas keterlambatan penerbitan prosiding dikarenakan permasalahan pengiriman file/naskah dari pemakalah utama dan pengeditan prosiding yang sedang berjalan.*********** Makalah yang akan dimuat dalam prosiding adalah yang telah dipresentasikan secara oral maupun poster pada acara seminar tersebut.

Seminar dan Pameran

WAKTU DAN TEMPAT

Waktu pelaksanaan          : 12 dan 13 November 2014.

Tempat                             : Hotel Santika dyandra, Jl. Kapten Maulana Lubis no. 7   Medan.

 

PESERTA

Peserta seminar terbuka untuk umum, peneliti, praktisi, dosen, mahasiswa, swasta, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat.

 

ACARA

KEYNOTE SPEAKERS:

  1. Dr. Ir. Haryono, M.Sc
    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.
  1. Dr. Ir. Ali Jamil, M.P
    Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi  (BBP Padi-Sukamandi).

 

PEMAKALAH UTAMA

  1. Dr. Ir. Dwi Iswari, M.Sc.P (Direktur Budidaya dan Pascapanen Sayuran dan Tanaman Obat, Direktorat Jenderal Hortikultura).
  2. Prof. Dr. Ir. Edhi Martono, M.Sc.,(Dosen Pascasarjana UGM).
  3. Dr. Ir. Satoto, M.Sc. (Peneliti Balai Besar Penelitian Padi, Sukamandi).
  4. Dr. Rasidin Karo-karo Sitepu, S.P., M.Si. (Dosen Fakultas Pertanian UISU).
  5. Ir. H. Suyono Sumadi (Komisaris PT. Mitra Agro Tunas Lestari) dan Ir. H. M. Syarif Rafinda (Deputy CEO PT PP London Sumatra).

 

MAKALAH PENUNJANG

  • Merupakan hasil penelitian primer ataupun review yang berkaitan dengan sub-topik berikut:
  1. Pemasaran hasil pertanian; membahas masalah yang berkaitan dengan strategi pemasaran hasil-hasil pertanian seperti rantai nilai (value chain), pemberdayaan masyarakat tani, nilai tambah hasil pertanian/industri pertanian, sistem dan manajemen industri pertanian, sosial ekonomi pertanian, dll.
  2. Teknolologi budidaya pertanian berkelanjutan; membahas masalah yang berkaitan dengan teknologi saprodi (benih, pestisida, pupuk), kebijakan dan regulasi peredaran saprodi, pertanian organik, pengelolaan lingkungan pertanian, pemanfaatan sumberdaya alam, dll.
  3. Respon terhadap perubahan iklim global; membahas masalah yang berkaitan dengan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim seperti sistem pola tanam, jenis varitas, manajemen pengolahan tanah dan penggunaan air, agroklimatologi, pengendalian hama dan penyakit, dll.

 

PAMERAN

Peserta pameran/expo adalah terbuka untuk umum dari berbagai kalangan/institusi (dinas pertanian, balai penelitian, pusat penelitian, perkebunan swasta, perkebunan negara, perusahaan agrochemical, pupuk, benih, alsintan, asosiasi pekebun/petani dan perguruan tinggi).

Fasilitas pameran adalah booth 3×3 m tinggi 2,5 m,  karpet, lampu, papan nama, 1 buah meja, 2 buah kursi.