Skip to content
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
    Kampus Terpadu Jl. Karya Wisata Gedung Johor
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
    Kebun/Lahan Percobaan/Praktikum
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
    Rumah Kaca
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
    Mesjid An Nazhirin
  • Fakultas Pertanian UISU
    Fakultas Pertanian UISU
    Kampus Jl. SM. Raja No. 191 Medan

BEM Pertanian Ikuti KBTN ISMPI di UIR

Medan, www.uisu.ac.id– ISMPI (Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia) adalah wadah kordinasi tertinggi bagi Senat Mahasiswa Pertanian di Indonesia untuk menjalin komunikasi lintas almamater dan kerjasama senat mahasiswa Pertanian se-Indonesia. Dan karena adanya persamaan pemikiran bahwa untuk berkontribusi secara optimal dalam perkembangan bidang pertanian secara nasional diperlukan sebuah wadah bersama diantara Senat Mahasiswa Pertanian di seluruh Indonesia.
“Sesuai keputusan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) di Universitas Malikussaleh pada bulan juli 2018, maka Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dan Kemah Bakti Tani Nasional (KBTN) yang diamanahkan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (BEM FP-UIR)’, kata Ade Muhammad Shaqi selaku ketua BEM Fakultas Pertanian UISU.
Lebih lanjut Ade mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 22 s/d 26 April 2019 di Fakultas Pertanian UIR, dan BEM FP-UISU akan mengikuti kegiatan ini dengan mengirimkan utusan. delegasi yang diutus mewakili BEM Fakultas Pertanian UISU yaitu Fita Widayanti.
Kegiatan ini diawali dengan melaksanakan Seminar Nasional yang mengangkat tema “Sinergitas Peningkatan Pertanian Berkelanjutan pada Sektor Tanaman Pangan di Indonesia” bertempat di Aula Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau diikuti oleh Delegasi ISMPI, mahasiswa UIR, BPTP Riau, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Riau, GAPOKTAN, SMK Pertanian dan Masyarakat Umum.
Kegiatan selanjutnya adalah Kemah Bakti Tani Nasional (KBTN) dengan tema “Pertanian Investasi Masa Depan Bangsa” berlokasi di Kampung Kemuning Muda, Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak, Riau dan diikuti oleh seluruh institusi Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI). KBTN juga diisi dengan beberapa kegiatan yaitu mengadakan penyuluhan pertanian, diskusi umum, pengabdian masyarakat dan aksi hijau.
Tujuan dari kegiatan Kemah Bakti Tani Nasional (KBTN) ini adalah terjalinnya silaturahmi antar mahasiswa pertanian dengan masyarakat pertanian di Riau, memberikan penyuluhan kepada petani, memberikan resolusi terhadap kebijakan pemerintah yang pro terhadap petani, menjalin kerjasama antar pemerintah dan petani serta sebagai implementasi misi ISMPI dan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Sebagai penutup dari serangkaian kegiatan dilaksanakan Field Trip yang diikuti oleh seluruh delegasi Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) dengan tujuan mengunjungi istana Siak, Riau.
Pimpinan Fakultas yang diwakili oleh Pembantu Dekan III Ir. S. Edy Sumantri, MP mengatakan utusan yang mengikuti kegiatan ini dapat membawa harum nama UISU, khususnya Fakultas Pertanian dalam forum tersebut. “Dengan mengajak peserta Kemah Bakti Tani Nasional (KBTN) membuat program kerja yang peduli pada isu-isu Pertanian dan kesejahteraan Petani serta membahas dan mencari solusi tentang permasalahan pertanian secara umum di Indonesia,”harap Edy.
Kontributor : Estuadi
Redaktur : Topan Bilardo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *