Skip to content

KKN Tematik Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara

Pada dasarnya filosofi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh Mahasiswa dari tahun ke tahun adalah “belajar dari masyarakat”. Mahasiswa didorong untuk dapat menangkap berbagai fenomena yang ada dalam masyarakat kemudian berkontribusi secara nyata berdasarkan keilmuan yang dimilikinya. Filosofi belajar dari masyarakat ini memiliki selaras dengan tujuan kampus Merdeka. Dalam program Merdeka Belajar, Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk terjun ke masyarakat dan menjadi agent of change (agen pembaharuan) untuk berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sebagai upaya dalam mencapai tujuan pembangunan.

Definisi Membangun Desa / KKN Tematik kampus merdeka adalah Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pembelajaran dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung sesuai satuan waktu dalam kurikulum.

Tujuan KKN tematik adalah berfungsi sebagai pengikat dan perangkum semua isi kurikulum atau dapat melengkapi kurikulum yang telah ada. Program kegiatan peserta KKN Tematik dirancang sesuai dengan persoalan nyata di masyarakat dan dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber daya yang ada di lapangan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu Pergurun Tinggi di Sumatera Utara yaitu Universitas Islam Sumatera Utara tepatnya Fakultas Pertanian UISU (FP-UISU) melaksanakan kegiatan KKN Tematik yang dimulai bulan Juli sampai September 2023. Untuk tahun 2023 ini yang mengikuti KKN Tematik Fakultas Pertanian UISU di tiga Program Studi yaitu Program Studi Agroteknologi sebanyak 58 orang, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian sebanyak 29 orang dan Pragram Studi Teknologi Hasil Pertanian Sebanyak 15 orang. Total yang mengikuti KKN Tematik adalah 102 orang Mahasiswa.

Adapun lokasi tempat pelaksanaan kegiatan tersebut tersebar di beberapa tempat/desa di Sumatera Utara. Antara lain adalah :

  1. Desa Suka Jadi Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai
  2. Desa Lestari Dadi Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai
  3. Desa Mancang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat
  4. Desa Kota pari Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai
  5. Desa Celawan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai
  6. Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai
  7. Desa Besar Dua Terjun Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai
  8. Desa Lubuk Syaban Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai
  9. Desa Deli Muda Hulu Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai
  10. Desa Ujung Rambung Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai

KKN Tematik yang dilaksanakan di Desa Suka Jadi, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, telah selesai melaksanakan Presentasi dan Penilaian mahasiswa, yaitu berjumlah 9 orang yang berasal dari 2 Program Studi, Program Studi Agroteknologi terdiri dari 5 orang, yaitu : (Mhd. Putra Sukma Daniah, Dedy Chairansyah Lubis, Muhammad Haria Mufti, Omar Afdala Harahap, Aditya Rizky Ananda) dan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian terdiri dari 4 orang, yaitu : (Nur Alfiah Winanda Sahid, Dita Adelia Ramadhanti, Arvin Rahmandika, Siti Sri Wahyuni) dengan Dosen Pembimbing Lapang yakni Bapak Indra Saputra Kurniawan, S.TP, M.T telah selesai melaksanakan Presentasi dan Penilaian KKN Tematik.

Mahasiswa mengangkat tema “Pemanfaatan Komoditas Beras dan Limbah Ternak Sapi”. Pada kegiatan ini mahasiswa mengenalkan kepada masyarakat tentang pengolahan beras menjadi kerupuk dengan penambahan daun kelor. Selain itu mahasiswa juga mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan limbah ternak sapi menjadi pupuk kompos. Kegiatan KKN ini sendiri dilaksanakan selama 30 hari.

 

Stwo.