Skip to content
  • Simple Usage
    Simple Usage
  • Huge-IT Slider
    Huge-IT Slider
    The slider allows having unlimited amount of images with their titles and descriptions. The slider uses autogenerated shortcodes making it easier for the users to add it to the custom location.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) TA. 2019-2020 Mahasiswa Fakultas Pertanian UISU

Admin fp.uisu – Dalam sebuah sistem belajar mengajar tidak cukup jika hanya mengandalkan teori saja, akan tetapi juga memerlukan praktik. Hal ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dari materi yang diberikan oleh dosen. Kalau di kampus, mahasiswa terkadang bosan dan kurang mengerti betul bagaimana deskripsi pekerjaan mereka, setelah terjun langsung ke lapangan mahasiswa bisa paham bahkan menguasai penuh sehingga bisa menjelaskan dengan bahasa mereka sendiri tanpa terpaku pada media. Ingat, teori yang didapat kalau dipelajari dengan cara menghapal bukan tidak mungkin akan cepat lupa. Namun dengan adanya praktik, mahasiswa akan lebih mengingat dan memahaminya dengan baik.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung. PKL juga merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Untuk itu dalam rangka memenuhi Kurikulum yang berbasis KKNI maka setiap tahunnya Mahasiswa Fakultas Pertanian UISU melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). untuk tahun 2020 ini total keseluruhan mahasiswa Fakultas Pertanian UISU yang mengikuti PKL berjumlah 120 orang untuk tiga program studi, dengan rincian sebagai berikut :
1. Mahasiswa Program Studi Agroteknologi berjumlah 80 orang.
2. Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian berjumlah 7 orang.
3. Mahasiswa Program Studi Agrbisnis berjumlah 33 orang.

PKL dan KKN juga amat membantu untuk mendapat gambaran tentang bagaimana pekerjaan yang ditekuni dari program studi yang dipilih. Contoh, jika sebelumnya dosen hanya menjelaskan bagaimana cara pengolahan bahan mentah yang hendak diproduksi ke bahan jadi, mahasiswa hanya mendapat bayang-bayang semata, tapi dengan adanya praktik bisa memperoleh kegiatan yang sebenarnya sehingga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa tidak terkejut ketika terjun dalam dunia kerja untuk mengaplikasikan skiil. Dengan kata lain, program PKL dan juga KKN dapat melatih diri untuk beradaptasi dengan pekerjaan secara nyata. Justru kalau kinerja bagus, bukan tidak mungkin akan langsung direkrut oleh perusahaan tempat berkunjung jika Anda merupakan kandidat seperti yang mereka harapkan.

Tujuan diadakan pelaksanakan PKL antara lain :
1. Untuk memperkenalkan mahasiswa pada dunia usaha.
2. Menumbuhkan & meningkatkan sikap profesional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia usaha.
3. Meningkatkan daya kreasi dan produktivitas tehadap mahasiswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya.
4. Meluaskan wawasan dan pandangan mahasiswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana mahasiswa melaksanakan PKL.

Adapun waktu pelaksanaan PKL ini berlangsung selama 1 bulan lebih mulai tanggal 20 Januari s/d 28 Februari 2020. tempat atau lokasi pelaksanaan PKL tersebar di wilayah provinsi Sumatera Utara baik di kantor Instansi pemerintah seperti PPKS Medan, PPKS Marihat, Pusat Penelitian Karet Sungei Putih, Dinas Pertanian Karo, Balai Besar Karantina Belawan dan beberapa instansi swasta lainnya.

Selain di kantor instansi pemerintah mahasiswa juga melaksanakan PKL di perkebunan-perkebunan, baik itu perkebunan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT. Perkebunan Nusantara III dan IV yang wilayah kebunnya berada di provinsi Sumatera Utara dan ada juga beberapa di Perkebunan swasta seperti PT.PP. London Sumatera Indonesia, Tbk, PT. Socfin Indonesia, PT. Smart, Tbk dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Medan.

Banyak lulusan kuliah yang siap dengan pekerjaan yang bakal dihadapinya, tapi belum bisa berinteraksi dengan masyarakat. Padahal, interaksi sangat berpengaruh penting agar pekerjaan yang ditekuni bisa berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman. Dengan adanya PKL, hal ini cukup melatih kepribadian dan kepahaman mahasiswa dalam bergabung dan bercampur di lingkungan masyarakat sehingga bisa bekerja sama dengan baik. Itulah sebabnya PKL patut dilaksanakan.

Pewarta : Estuadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *