Skip to content

Sosialisasi E-Learning Fakultas Pertanian UISU

UISU, FP – Dunia pendidikan mendapat imbas dari dampak COVID-19 ini. Pemerintah melalui Kemendikbud Republik IndonesiaI mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), salah satu poinnya adalah proses belajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan belajar dari rumah melalui pembelajaran secara daring/jarak jauh.

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melalui Tim Sosialisasi E-Larning melakukan kunjungan ke Fakultas Pertanian untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi program E-Learning bagi dosen atau staf pengajar Fakultas Pertanian UISU, bertempat di Ruangan Serbaguna Fakultas Pertanian Jl. Sisingamangaraja No. 191 Teladan Medan. (23/09/2020).

Terkait dengan itu untuk menindaklanjuti himbauan dari Pemerintah dan Kemendikbud maka Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menerapkan sistem belajar mengajar secara daring/jarak jauh, salah satunya dengan menggunakan sarana media digital melalui program aplikasi E-Learning dilingkungan UISU.

Wakil Dekan Bidang Akademik Dakwah Islamiyah (WD-ADI), Dr.Ir. Diapari Siregar, MP membuka acara E-Learning mengatakan, bahwa melalui sosialisasi E-Learning ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas, kreatifitas dan inovasi bagi dosen. “e-Learning salah satu media digital dapat menunjang dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi pada saat pandemi COVID-19 saat ini. ” Sambutan Dr. Ir. Diapari Siregar, MP yang mewakili Dekan Pertanian UISU.

Tim sosialisasi Universitas, dengan narasumber Ir. Suhaimi (PUSIKOM UISU) memberi pemaparan tentang program E-Learning, mulai dari login, input mata kuliah dan pengasuh mata kuliah. Selanjutnya juga di sampaikan bagaimana cara input materi perkuliahan, quis, tugas dan lainnya dalam bentuk file tulisan, gambar dan juga pemakaian fitur chat dan forum.

Disertai dengan tanya jawab tentang E-Learning yang di sampaikan oleh beberapa dosen dan operator program studi, mulai dari mendapatkan user dan password untuk dosen, begitu pula untuk mahasiswa. juga mempertanyakan kegunaan dari berbagai fitur-fitur yang terdapat di program E-Learning dan hal lainnya.

Kegiatan sosialisasi E-Learning di hadiri oleh pimpinan fakultas dan program studi, dosen, pegawai akademik serta operator program studi. Sebagai penutup acara wakil dekan bidang ADI mengatakan, sosialisasi ini dilakukan bertahap dengan alasan sosial distancing saat pandemi maka tidak banyak dosen yang mengikutinya. Nantinya akan dilakukan sosialisasi berikutnya untuk dosen dengan ditentukan jadwalnya sambil berkoordinasi dengan tim E-Learning dari universitas